SEJARAH

SEJARAH DAN LATAR BELAKANG TEMPAT WISATA DI GUNUNGKIDUL

1.       Cave Tubing Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Padukuhan Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Cave Tubing Pindul adalah berwisata susur goa basah (dialiri sungai) dengan menggunakan ban dalam. Panjang Goa sekitar 350 meter. Waktu tempuh 1 jam.

2.       Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran, nama Nglanggeran berasal dari kata pelanggaran, hal ini terjadi karena barang siapa yang melakukan kejahatan / pelanggaran hukum (nerak angger-angger) akan tertangkap dan terhukum dengan sendirinya.

Gunung Nglanggeran awalnya merupakan puncak dari Gunung Berapi. Gunung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul. Wisata alam yang ada di lokasi ini berupa Tracking ke Puncak Gunug Api Purba, Rappeling, Climbing dan camping.

3.       Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 kilometer sebelah tenggara Jogjakarta. Goa ini merupakan satu dari sekitar 400 goa yang terdapat di kawasan pegunungan karst Gunungkidul. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang jarak antara sekitar 80 meter, yang menghubungkan dengan Goa Grubug disebelah utara Goa Jomblang
Untuk memasukinya dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique (SRT) atau teknik menelusuri gua vertikal dengan menggunakan satu tali sebagai lintasan untuk naik dan turun medan-medan vertikal. Di dalam Goa kita bisa menikmati Sinar Surga atau Rime Of Light (ROL).

4.       Cave Tubing Goa Kalisuci

Goa kalisuci berada di Wilayah Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul berjarak 8 Km dari kota Wonosari. Cave Tubing Kali Suci Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini memadukan aktivitas caving (susur gua) dan body rafting. Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Sinar matahari menghilang dan berganti dengan suasana remang bahkan gelap, satu-satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp.

5.       Caving Goa Jlamprong

Goa Jlamprong berada di Desa Wisata Mojo, terletak di Padukuhan Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul. Berjarak sekitar 8 Km dari kota Wonosari arah timur. Desa Wisata Mojo sebagai icon utamanya adalah kerajinan Ukir batu. Selain ukir batu, yang juga menarik di Desa Wisata Mojo adalah petualangan caving dibeberapa goa yang masih alami. Diantaranya Goa Gesing, Goa Jlamprong dan Goa Sinden. Masing-masing punya keunikan berbeda.Yang sama dari ketiga goa ini merupakan goa bawah

Yang menarik di dalam Goa Jlamprong ada stalagtit yang besar bernama “Soko Guru” kono banyak orang percaya tetesan air ini bertuah, sehingga siapa yang mencuci muka dengan air ini dan berdoa dapat terkabul keinginannya.

Di akhir perjalanan caving kita akan finish di goa Sinden, di goa ini terdapat daerah sungai dengan aliran air hangat dan konon dahulu kala ditempat ini biasa digunakan untuk semedi calon sinden, sehingga namanya goa Sinden.

6.       Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung terletak di desa Putat, kecamatan Patuk,kabupaten gunung kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sekitar 10 km menuju arah barat kota Wonosari atau sekitar 30 km menuju arah timur Kota Yogyakarta. Daerah ini dikenal sebagai sentra kerajinan batik kayu di Yogyakarta.

Sejarah dari kerajinan batik kayu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dimulai oleh Sunan Kalijaga. Awalnya Kerajinan batik kayu di Bobung berawal dari kebutuhan topeng kayu untuk lakon-lakon dalam seni tari Topeng Panji yang berkembang di dusun ini sejak sekitar 1960. Tarian Panji itu berkembang yang membuat kebutuhan akan topeng juga bertambah. Tari Panji konon diciptakan Sunan Kalijaga sebagai media dakwah.

7.       Desa Wisata Jelok

Kampung Nusantara adalah konsep perpaduan desa wisata dan komunitas belajar pendidikan non-formal. Kampung Nusantara terletak di Padukuhan Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Terletak disebelah barat ibukota kabupaten sekitar 15 Km. Kampung Nusantara menyajikan berbagai macam keindahan alam baik berupa hamparan sawah yang senantiasa menghijau maupun gemercik sungai Oya yang menantang wisatawan untuk sekedar menikmati “kano” mengikuti derasnya sungai Oya.

8.       Air Terjun Sri Getuk

Air terjun Sri gethuk adalah terletak di padukuhan Menggoran yang berdekatan dengan lokasi wisata gua rancang kencono, dengan arah dari Gua rancang kencono menuju kearah barat sejauh 750 meter, perjalanan menuju ke arah air terjun dapat berjalan kaki ataupun naik kendaraan baik roda dua dan juga empat. Air terjun Sri Gethuk terkenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret, tempat tersebut sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi bahkan tebing tersebut dengan ketinggian sampai dengan 50 m dengan suasana yang sangat romantis karena di daerah tersebut adalah merupakan daerah persawahan yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami kekeringan. Untuk dapat sampai ke lokasi Air Terjun Sri Getuk kita bisa pilih 2 jalur, yang pertama dengan jalan kaki lewat pematang sawah dan yang kedua adalah naik perahu kataraf.

9.       Hanging Chair Pantai Timang

Pantai Timang yang Terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul ini, memang menantang bagi mereka yang berjiwa petualang. Jarak dari Kota Wonosari sekitar 35 Km. Diseberang pantai Timang terdapat sebuah pulau kecil yang dihubungkan dengan tali tambang ,kurang lebih sepanjang 100 meter oleh warga setempat. Pulau inilah yang disebut pulau panjang/ batu panjang. Biasanya dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari lobster. Rasanya petualangan tak akan lengkap jika tidak mencoba kehebatan di atas kereta gantung tradisional yang biasa digunakan nelayan setempat menuju pulau memasang jaring lobster atau untuk memancing ikan.

10.   Tracking Pantai Greweng

Pantai Greweng Pantai tersembunyi yang berada di kecamatan Girisubo Gunungkidul (Tmur Pantai Wediombo) menyimpan sejuta pesona. Selain keindahan pantai di sini kita juga bisa menemukan goa-goa dengan stalagtit dan stalagmit yang indah dan menawan. Namun anda terlebih dahulu ditantang untuk menaklukkan tebing, ladang, bukit dengan tracking sejauh 2Km. Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan jadi masih sangat bersih dan asri. Bagi yang menyukai petualangan tracking cocok sekali.

 11.   Sunset Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan salah satu tempat favorit kawula muda Jogja untuk menikmati senja dan menghabiskan malam. Terletak di tepi Jalan Jogja – Wonosari, Bukit Bintang menjanjikan pemandangan senja yang menawan. Anda bisa duduk di kursi beton di atas tebing yang menghadap langsung ke Kota Jogja, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, atau nongkrong di warung-warung yang menyediakan kopi dan jagung bakar. Dari Bukit Bintang, mentari yang tenggelam dapat terlihat dengan jelas karena tidak ada pepohonan yang menjadi penghalang. Menjelang gelap lampu kota mulai menyala satu persatu seperti bintang yang juga mulai terlihat satu persatu. Taburan bintang di langit yang luas, serta lautan kerlip lampu menjadikan malam di Bukit Bintang semakin romantis.

 

Tinggalkan komentar

3 Komentar

  1. Kabupaten Gunungkidul memang menyimpan potensi wisata yang sangat menarik mas…

    Balas
  2. Sangat banyak mas potensinya….. Dan semua sangat luaaar biasaaa…. Tinggal memperbaiki pengelolaannya saja sehingga layak jual dan aman, nyaman untuk dikunjungi….

    Balas
  3. adhe

     /  25/03/2014

    pantai baron nya belom gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: